Pengertian Domain dan Hosting

246
views
Iklan Infopelajar2u

Artikel ini akan menjelaskan apa itu pengertian Domain dan Hosting khusus untuk anda yang baru di dunia internet dan belum mengenali kedua-dua istilah tersebut.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website.

Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi berbanding perlu mengingat deretan nombor IP Address.

Domain memiliki beberapa level, yaitu :

1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan
ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk negara masing-masing, seperti Indonesia dengan kod ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kod MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data digital yaitu termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk website.

Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :
Space / kapasiti hosting : Ini adalah besarnya data yang boleh simpan di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke kosong setiap bulan.
Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang boleh anda buat / simpandi hosting
Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang boleh ditambahkan ke hosting
Jumlah akaun email : Banyaknya akaun email yang dibuat

Anda boleh lihat video ini untuk lebih lanjut.